Artikel Blog yang Menarik dan SEO Friendly

Semua orang mampu membuat artikel untuk blog yang berkaitan dengan apapun termasuk dengan dirinya sendiri. Namun, tidak semua orang dapat membuat artikel atau tulisan yang baik dan menarik bagi pembaca sekaligus mudah terindex oleh mesin pencari. Bisa dikatakan jika artikel yang baik dan menarik adalah artikel tidak membingungkan pembaca. Selain itu, struktur kalimat, gaya bahasa, tata bahasa dan lain sebagainya merupakan masalah yang harus diatasi oleh setiap blogger.

Contoh Artikel Blog yang SEO Friendly

Contoh Artikel Blog yang SEO Friendly

Menulis Artikel SEO friendly dan menarik

Artikel yang menarik dan SEO friendly tentu lebih dari sekedar artikel yang menarik saja dan bahkan lebih dari sekedar artikel SEO friendly. Lalu, apa saja ciri dari artikel yang menarik dan juga SEO friendly?

Bahasa baik, tata bahasa, pemilihan kata

Penulis sewajaranya menggunakan gaya bahasa yang sangat mudah dipahami serta tidak ambigu. Jika web dikhususkan untuk pengunjung Indonesia, maka bahasa nasional harus digunakan secara baik agar semua orang tahu serta dapat memahami. Terkadang, sebagian besar penulis atau pemilik blog juga sering mengubah artikel yang diambil dari artikel berbahasa asing yang diterjemahkan. Ini bisa menjadi pilihan yang bagus, namun tidak asal langsung ditranslate dengan tool seperti Google Translate tanpa pemilihan kata yang halus.
Gaya menulis

Ada individu yang memiliki gaya dalam menulis yang sangat membosankan dan ada juga yang benar-benar terkesan berlebihan. Gaya menulis setiap penulis pasti berbeda. Temukan gaya menulis sendiri, kemudian fokus untuk mengembangkan gaya tersebut. Jangan meniru apalagi memaksakan diri untuk mengikuti gaya orang lain. Tidak ada kata bosan ketika menulis dengan gaya sendiri.

5W + 1H

Khusus untuk artikel jenis berita, maka harus disertakan 5W + 1H yakni What (apa), When (kapan), Who (siapa), Where (dimana), Why (mengapa) dan How (bagaimana). Setiap artikel berita terdiri dari komponen ini dan akan sangat mudah untuk mengembangkan artikel berita dengan menggunakan rumus ini. Contoh, What: Konser musik, When: Sabtu, 23 Desember 2016, pukul 20.00 WIB, Who: Nidji, Noah, Where: Alun-alun kota, Why: HUT Kota Klaten, How: acara lancar.

SEO tidak masalah, namun tetap tepat

Kebanyakan publisher atau penulis artikel suka artikel SEO friendly. Karena dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung ke blog. Namun, sering artikel SEO membuat pembaca benar-benar merasa malas untuk terus membaca karena artikel ini benar-benar ditulis untuk mengejar target SEO sehingga artikel tidak halus, berantakan, terkesan memaksa bahkan tidak informative.

SEO tidak selalu menjadi keharusan. Lihatlah misalnya, situs besar yang biasanya memberikan informasi yang tepat, artikel mereka tidak menggunakan teknik SEO, tidak ada keyword di setiap paragraf, keyword yang dibold, italic, underline dan lain sebagainya. Tapi, karena isinya relevan dan sesuai dengan yang dibutuhkan pengunjung maka mendapat banyak trafik.

Komunikatif

Pesan komunikatif dalam menulis mencakup agar membuat pembaca terlibat dalam postingan yang kita buat. Cobalah membuat pembaca lebih merasa terlibat dalam tulisan tersebut. Contoh jika artikel mengenai makanan, menggabungkan artikel dengan pertanyaan sederhana seperti “Tertarik untuk mencicipi?” Atau bahkan “berpikir untuk mengunjungi restoran ini? Pertanyaan seperti ini bisa membuat seseorang berpikir dan itu artinya tulisan atau artikel tersebut komunikatif.

Jadi, penulisan artikel memang harus bagus, isi harus bermanfaat dan relevan sesuai dengan judul dan unsur SEO yang diberikan. Sehingga tidak hanya fokus pada SEO saja karena jika demikian, maka pengunjung akan meninggalkan website Anda walau website atau artikel muncul di halaman pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Rekening Pembayaran Jasa Penulis Artikel
Contoh Artikel SEO :close