Contoh Penulisan Artikel Review

Bagi para penulis pemula atau yang baru ke dunia blogging biasanya mendapatkan masalah yang mendasar tentang menulis terutama menulis artikel review. Masalah tersebut adalah untuk menentukan gaya menulis yang tepat sehingga mudah dipahami oleh para pembacanya. Sementara beberapa kesulitan lain misalnya dalam hal pemilihan kata atau juga struktur kalimat termasuk menerjemahkan dan juga mendeskripsikan benda, produk atau hal tertentu yang direview adalah masalah lainnya lagi.

Contoh Penulisan Artikel Review

Contoh Penulisan Artikel Review

Penulisan Artikel Review Didasari ‘Product Knowledge’

Hal yang perlu dipahami ketika akan menulis artikel review adalah memiliki atau mengetahui apa itu ‘product knowledge’. ‘Product knowledge’ atau pengetahuan tentang suatu produk baik itu barang atau jasa merupakan hal yang sangat urgen sebelum menulis artikel review. Jadi, bisa dibuat sebuah pertanyaan, apakah Anda mengetahui tentang produk yang akan direview atau tidak? Inilah yang menjadi hal yang sangat mendasar.

Jika sudah mengetahui, bukan berarti kemudian artikel review dapat langsung ditulis dikarenakan masih harus bisa menulis konten review secara baik dan menarik. Jika tidak dapat menulis konten review yang sesuai dengan keinginan pihak advertiser (pengiklan) maka artikel review yang sudah dibuat akan ditolak (rejected). Jadi, konten artikel juga tidak harus terlalu berlebihan mengunggulkan produk tersebut.

Jika benar-benar memahami apa itu ‘product knowledge’, maka konten review akan terlihat natural dilihat dari kacamata pembaca. Ketika artikel review dibuat secara natural, maka harapannya adalah para pembaca bisa memahami dengan baik tentang produk yang direview dan mengambil sikap apakah untuk membeli atau tidak. Namun, tentunya pihak advertiser menginginkan pembaca tertarik untuk membelinya sehingga diujung atau di akhir artikel pembeli akan diajak untuk membeli atau menggunakan produk yang direview.

Bagian Penting Dalam Penulisan Review

Paling tidak ada 5 bagian yang harus ada pada setiap pembuatan atau penulisan artikel review. 5 bagian ini adalah komponen utama yang akan menjelaskan tentang produk yang akan direview. Perhatikan 5 bagian penting tersebut.

  1. Pendahuluan

Pendahuluan di sini bisa beristri tentang mengapa produk baik barang atau jasa tersebut harus direview. Jika artikel review ini adalah pesanan dari pihak advertiser, maka gunakan bahasa yang halus sehingga tidak berkesan Anda akan menulis sebuah review yang merupakan pesanan. Tulis secara alami saja,

  1. Latar belakang

Latar belakang berisi tentang produk tersebut dimulai dari produk yang dibuat oleh siapa, kapan, tujuannya untuk apa dan lain sebagainya yang mendasari kenapa produk tersebut dipasarkan. Di sini pembaca akan mengetahui latar belakang adanya produk tersebut.

  1. Keunggulan

Di sini, keunggulan produk akan ditulis secara rapi. Keunggulan bisa menurut Anda sendiri, testimoni penggunanya atau dari laman resmi perusahaan produk tersebut.

  1. Kekurangan

Setiap produk memiliki kekurangan. Oleh sebab itu, sisipkan saja sedikit kekurangan dan tidak terlalu banyak kekurangan yang ditulis. Kekurangan yang ditulis juga harus bersifat umum dimana kekurangan tersebut juga dimiliki oleh produk lain,

  1. Kesimpulan

Di bagian ini, inti dari semuanya yakni mengajak agar pembaca menggunakan atau membeli produk tersebut atau mengunjungi laman dimana produk tersebut dijual seperti situs resmi perusahaan produk tersebut. Harapannya tentu pembaca tertarik ingin membeli atau menggunakannya.

Jadi jika ditanya bagaimana contoh penulisan artikel yang benar, maka jawabannya seperti apa yang sudah dikemukakan di sini dimulai dari pemahaman akan ‘product knowledge’ baru kemudian menulis dengan bahasa yang natural dan konten review yang dimulai dari pendahuluan hingga kesimpulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Rekening Pembayaran Jasa Penulis Artikel
Contoh Artikel SEO :close