Format Penulisan Konten Website atau Blog

Format penulisan artikel sebenarnya tidak jauh berbeda antara jenis artikel yang satu dengan jenis yang lain. Akan tetapi, jika dirinci lebih mendalam, maka setiap jenis artikel bisa memiliki format yang berbeda seperti artikel ilmiah memiliki format yang berbeda dengan artikel non ilmiah. Akan tetapi, jika dilihat secara umum, format penulisan ini terdiri dari judul, paragraf pengantar, isi artikel dan paragraf penutup atau kesimpulan yang ada di bagian akhir.

Format Artikel, Pentingkah?

Jika ditanya apakah penting atau tidak, maka setiap penulis bisa saja memberikan jawaban yang berbeda. Akan tetapi, selain merupakan bentuk baku dari sebuah artikel, format atau sistematika artikel juga memiliki manfaat yang sangat penting yakni akan membuat pembaca lebih mudah memahami apa yang ditulis atau dijelaskan oleh si penulis. Pembaca akan dengan mudah menangkap setiap pesan si penulis.

Pembaca juga akan dengan mudah menganalisa dan membuat rangkuman karena artikel ditulis dengan menggunakan sistematika yang baik. Bahkan, pembaca akan dengan mudah menentukan mana pembuka atau pengantar, mana isi dan mana bagian kesimpulan. Bahkan pembaca juga bisa menentukan tentang kemampuan menulis si penulis apakah sudah baik atau belum.

Hal ini dikarenakan format penulisan artikel ini akan membantu penulis merangkai ide secara utuh dan koheren sehingga tidak ada yang rancu, kontra-produktif atau tidak ada pembahasan yang mengulang-ulang termasuk juga pembahasan tanpa ujung yang sering dikenal dengan istilah blunder dimana tulisan atau pembahasan hanya berputar-putar tidak jelas. Sekarang Anda sudah bisa menjawab apakah format ini penting atau tidak.

Cara Penulisan Artikel yang baik dan Benar

Cara Penulisan Artikel yang baik dan Benar

Format Umum Penulisan Artikel

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, format umum penulisan artikel terdiri dari 4 bagian. Berikut ini penjelasan untuk masing-masing bagian.

Judul

Setiap artikel harus memiliki judul yang merupakan cerminan dari isi artikel. Judul harus mewakili pembahasan utama artikel. Judul juga harus ditulis dengan kaidah EYD seperti dengan huruf kapital pada huruf pertama setiap kata kecuali kata sambung seperti Cara Merawat Tanaman dengan Menggunakan Botol Bekas.

Pengantar

Pengantar atau pendahuluan bisa juga disebut sebagai paragraf pembuka merupakan sedikit gambaran tentang apa yang akan dibahas di tubuh artikel atau isi. Jika bisa, gunakan bahasa yang ‘merayu’ dan membuat pembaca penasaran. Bisa juga diselipkan tentang apa yang akan dibahas sehingga pembaca tahu apa saja yang dibaca namun belum mendetail.

Tubuh Artikel

Tubuh artikel merupakan isi artikel atau pembahasan utama dimana ide pokok atau tema dari artikel akan dibahas dan diurai. Tubuh artikel tetap harus ditulis sesuai dengan kaidah yang benar, tidak bertele-tele dan tetap menarik. Tubuh artikel juga menggunakan kalimat atau bahasa yang jelas dan sederhana sehingga pembaca akan dapat dengan mudah memahami apa yang sedang dibahas oleh si penulis.

Penutup

Penutup atau kesimpulan ini berisi tentang poin penting yang penulis inginkan agar pembaca mengingat kembali. Namun, kesimpulan ditulis secara garis besar saja. Kesimpulan juga bisa merupakan jawaban dari setiap pertanyaan yang ada di paragraf pengantar. Dengan demikian pembaca akan mendapatkan intisari dari apa yang sudah dibaca sebelumnya.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan jika jika format penulisan artikel ini memiliki manfaat dan penting bagi si penulis dan si pembaca. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan tentang penulisan artikel yang benar yang sesuai dengan format yang sudah baku sehingga pembaca dari berbagai kalangan dapat memahami inti atau ide pokok dari artikel yang dibuat oleh si penulis.

Rekening Pembayaran Jasa Penulis Artikel
Contoh Artikel SEO :close