Penulisan Artikel Yang Baik Dan Benar

Menulis artikel bukanlah hal yang mudah. Namun, bukan pula hal yang sulit. Poin pentingnya adalah bagaimana kemudian bisa menulis artikel yang baik, benar dan juga informatif sehingga pembaca akan menemukan solusi atau jawaban yang sedang mereka cari. Penulisan juga harus original atau asli dan bukan merupakan hasil dari copy-paste.

Cara Penulisan Artikel yang baik dan Benar

Cara Penulisan Artikel yang baik dan Benar

7 Langkah Menulis Artikel yang Baik dan Benar

Ada banyak langkah yang bisa dilakukan untuk bisa bisa membuat artikel yang baik dan benar. Akan tetapi, Anda bisa mencoba 7 langkah berikut ini agar bisa menulis artikel yang baik, benar dan informatif serta enak dibaca oleh para pembaca.

Buat sesederhana mungkin

Gunakan bahasa yang ringan dan sederhana bahkan yang renyah. Gaya bahasa yang renyah ini kemudian diikuti dengan kalimat dan paragraf yang tidak terlalu panjang sehingga pembaca dapat dengan cepat membaca dan menemukan ide pokoknya.

Buat tampilan semenarik mungkin

Tampilan ini bukan hanya soal format melainkan apa yang akan dilihat pertama kali oleh para pembaca. Penambahan gambar maupun video bisa dimanfaatkan. Akan tetapi, perhatikan pembaca. Video yang terlalu panjang akan ditinggalkan karena memakan kuota internet terlalu banyak.

Buat huruf tebal dan miring untuk poin penting

Setiap apa yang ditulis terdapat poin penting di dalamnya. Buatlah poin penting sangat mencolok dengan huruf tebal (bold) atau huruf miring (italic). Bisa juga dengan menambahkan tanda petik (‘…’) sampai garus bawah (underline) jika dipandang itu yang paling kuat menurut Anda. Penggunaan tanda-tanda seperti itu sangat penting dan bila perlu diperbesar ukuran kalimat yang dipandang penting dan bisa dipisahkan atau dikeluarkan dari paragraf sehingga tidak mengganggu kalimat lain yang memiliki ukuran font normal.

Buat pemisahan dengan subjudul

Jika artikel memiliki banyak pembahasan atau terlalu panjang, pecahkan atau pisahkan dengan beberapa subjudul. Subjudul akan sangat membantu untuk bisa membuat artikel lebih enak dibaca dan tidak terlalu penuh. Subjudul bisa satu, dua, tiga dan seterusnya. Namun, isi dari setiap sub judul jangan terlalu pendek karena akan membuat formatnya tidak menarik. Jika isinya pendek, lebih baik buat list saja.

Buang konten tidak penting

Konten adalah isi dan inti dari artikel yang dibuat. Oleh sebab itu, kontan harus menarik. Akan tetapi konten tidak boleh bertele-tele apalagi berisi banyak hal tidak penting. Hindari penggunaan kata, kalimat atau bahasa yang tidak penting. Kata-kata yang tidak penting justru menghancurkan gaya profesionalisme penulisan Anda. Ingat, efektif dan efisien.

Tambahkan list / bullet

Jika ada banyak poin yang dipandang menarik tapi tidak perlu pembahasan, maka bisa menggunakan sebuah list dengan nomor atau bullet sehingga akan lebih menarik perhatian dari pembaca sekaligus membuat pembaca akan lebih mudah serta lebih ringan. Hal ini dikarenakan pembaca sudah memahami setiap maksud dari apa yang ada di dalam list tersebut.

Penambahan unsur SEO

Selain apa yang disebutkan, jangan lupa untuk menambahkan unsur SEO jika tulisan atau artikel tersebut dimaksudkan untuk sebuah blog atau website. Akan tetapi, unsur SEO ini harus ditulis secara alami sehingga artikel akan tetap enak dibaca dan tidak hanya asal dalam memasukan unsur SEO yang membuat kalimat terkesan ‘maksa’.

Dengan cara di atas, maka Anda sudah bisa membuat artikel yang baik dan benar serta informatif. Jangan lupakan tentang tema atau konten yang Anda bahas harus informatif, menarik dan juga bermanfaat bagi banyak orang. Sehingga, jangan hanya fokus pada poin-poin di atas saja tanpa memperhatikan kualitas isi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Rekening Pembayaran Jasa Penulis Artikel
Contoh Artikel SEO :close